Strategi Retorika: Modes of Persuasion
Untuk mencapai tujuan, tentu kita harus
memiliki strategi. Begitu juga dengan retorika. Kita perlu mempersiapkan diri
agar retorika dapat berjalan dengan baik – mencapai tujuan. Aritotle menyebut 3 Modes of Persuasion: Logos, Pathos, Ethos. Meski salah satu
diantara ketiga tersebut mendominasi dalam penggunaannya, namun ketiga tersebut
diharapkan ada saat beretorika: baik saat debat, pidato, menulis, dan lainnya.
style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6712391174391666"
data-ad-slot="7541735913">
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Apa itu Logos? Berikut pengertian Logos menurut
Ahli
Beiner (1983) dalam Ko (2015), mengatakan
logos is the rationality of the orator’s
arguments. Dalam bahasa Indonesia, logos adalah rasionalitas argumen dari
seorang orator (atau pembicara). Sementara menurut Murthy & Ghosal (2014), Logos is a tool to convince the audience to realize the truth and even the
audience can use the same tool to understand the hidden truth in the words of
speaker. Dalam Bahasa Indonesia kira-kira seperti ini “logos adalah alat
untuk mempengaruhi pendengar tentang suatu kebenaran dan pendengar bahkan dapat
menggunakan alat yang sama untuk mengetahui makna implicit dari ungkapan pembicara.
Apa itu Pathos? Berikut pengertian Pathos
menurut Ahli
Pathos is the mode of artistic persuasion
which occurs when the audience is moved through the speech to emotion (Duke,
1990:139). Dalam bahasa Indonesia, pathos adalah
cara/mode persuasi artistik yang terjadi ketika pendengar bergerak secara
emosional melalui pesan-pesan pembicara.
Menurut Alkhirbash (2016), the speaker
attempts to: stir the hearer’s emotions, make the listener experience a
specific kind of feeling that coincides with the on-going situation, arouse
feeling such as empathy, anger, sorrow, compassion, fear, love, and pride.
Apa itu Ethos? Berikut pengertian Ethos
menurut Ahli
Menurut Aritotle, Ethos (ethnical appeal) depends on personal character of the speaker,
when the speech is so spoken as to make us him credible (Duke, 1990:44). Dalam
Bahasa Indonesia, ethos bergantung pada karakter personal pembicara saat
menyampaikan pesan/pidato, sehingga kredibel atau dapat dipercaya. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa saat beretorika/berpidato, pembicara hendaknya menyampaikan
informasi dengan sebenar-benarnya.
--
Bahan Bacaan
Alkhirbash, A. 2016. A Proposed
Framework for Analyzing Aristotle’s Three Modes of Persuasion. International Journal of English and
Education. Vol. 5, No. 4, pp. 111-117
Duke, K.R. 1990. The Persuasive Appeal of The Chronicler. London: The Almond Press
Ko, H. 2015. Political Persuasion:
Adopting Aristotelian Rhetoric in Public Policy Debate Strategies. International Journal of Humanities and
Social Science. Vol. 5, No.10, pp. 114-123
Murthy D.M.L. & Ghosal M. 2014. A Study on
Aristotle’s Rhetoric. Research of English
Language and Literature (RJELAL). Vol. 2, No. 4, pp. 249-255