2. Penulis juga mengungkapkan bahwa Mind Map menggunakan ketujuh prinsip
memory yang akan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap lebih cepat
dan cepat mengingat kembali atau proses recall.
3. Mind Maps
memungkinkan untuk menjadikan poin-poin dan gagasan lebih menonjol dan tidak
monoton dengan menggunakan warna-warna ,ukuran, dan gambar yang berbeda. Ini
yang akan membuat gagasan itu tertanam dalam otak Anda. Lagi pula Anda dapat
melihat dengan lebih jelas Mind Maps menggunakan banyak warna dan memaksa Anda untuk
mengaktifkan imajinasi kreatif Anda, dan akhirnya Mind Maps
Metode Mind Maps juga
cocok sebagai pengganti dari power point yang digunakan pada umumnya, pasalnya
kita tahu saat semua guru atau tenaga pengajar sedang memberikan materi. Sering
ditemukan bahwa mereka kebanyakan menggunakan catatan linear atau bentuk
paragraf pada umumnya yang kemudian disajikan kepada siswa mereka, hal ini sama
saja dengan metode mencatat bentuk linear yang dianggap tidak praktis.
BACA JUGA: SOAL UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI
Animasi
Video , Media Pembelajaran Terpadu
Proses belajar yang
berlangsung di sekolah pada umumnya tidak memberikan pengetahuan mengenai
manfaat dari ilmu yang dipelajari. Pada umumnya bahan yang dipelajari hanya
bersifat hafalan-hafalan tanpa makna. Siswa tidak diajak untuk memanfaatkan
potensi yang dimiliki untuk membangun pengetahuan yang mempunyai makna sesuai
kebutuhan dan kemampuan. Metode Pembelajaran yang digunakan oleh guru
seringkali tidak variatif dan hanya merupakan ceramah yang panjang dan
membosankan. Penggunaan metode ceramah juga tidak selamanya buruk, tetapi
ceramah memang bukan satu-satunya cara yang dapat membantu proses pembelajaran
berlangsung optimum. Guru perlu memiliki kemampuan dalam menggunakan metode
pembelajaran yang variatif dan lebih banyak melibatkan siswa.
Dalam era perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang pesat seperti saat ini, guru tidak lagi berperan sebagai
satu-satunya sumber yang bertugas mentransfer ilmu pengetahuan. Namun, guru
lebih dituntut untuk berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa memanfaatkan
aneka sumber belajar yang tersedia. Penulis rasa, metode pembelajaran melalui
video animasi ini sangat cocok untuk dilakukan dan diterapkan dalam kegiatan
pembelajaran. Bahkan menurut hasil riset mutakhir tentang otak memperlihatkan
bahwa proses yang terpenting dalam kegiatan belajar di sekolah yaitu teaching,
metode pengajaran yang dilakukan oleh guru kepada muridnya, serta learning
yang merupakan proses belajar yang dilakukan oleh siswa untuk mendapatkan
inti dari materi pembelajaran....Lanjutkan membaca
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- LANGKAH PENTING DALAM MENGOPTIMALISASI INDUSTRI MUSIK INDONESIA
- LANGKAH PERUMUSAN "BRILLIO": PREPARATION, RENOVATION, DAN MARKETING
- INDUSTRI KREATIF ZAMAN NOW! '2D LATTE ART', '3D LATTE ART', SAMPAI 'SELFIE LATTE ART'
- SEMARAK MENYAMBUT LDBI 2018 (LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA) dan NSDC ( NATIONAL SCHOOLS DEBATE COMPETITION)
- ESAI: TEKNOLOGI BUDAYA : OPTIMALISASI INDUSTRI MUSIK INDONESIA MELALUI PROGRAM “BRILLIO”
Comments
Post a Comment